السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Monday, March 24, 2008

Terbayang menjinjing aplikasi kemana aja?

Pernah kebayang gak, kita punya aplikasi yang mobile, bisa dibawa kemana-mana?
Pernah kebayang gak, aplikasi yang kita pake ada dimana-mana? waktu kita ke warnet: mas kok disini pake internet explorer aja ya? ga install mozilla? saya tidak terbiasa dengan product microsoft, di warnet mana ya yang pake non microsoft product?

oh ya? kapasitas flashdisk ente berapa? kira-kira dengan kapasitas segitu kepake buat apa aja ya?

Portable Apps Portable Application sebut saja Portable App, aplikasi yang langsung dijalankan tanpa meng-install-nya ke sistem operasi, cukup menyimpannya di removable USB disk sehingga dengan mudah dijinjing ke mana-mana. Dan ketika berpindah-pindah komputer, personal data seperti web bookmark, saved password, cookies maupun email, tetap tersimpan di USB disk.

Website yang menyediakan aplikasi ini dan biasanya saya jadikan rujukan antara lain PortableApps.com, PortableFreeware.com, dan Wikipedia List of Portable Software. Tersedia berbagai aplikasi portable seperti, web browser, email client, RSS Feed reader, dan sebagainya.

Portable Apps menjadi bekal sehari-hari yang saya simpan di dalam Portable HDD Transcend StoreJet 2.5″ warna Silver kapasitas 40 GB. Berikut ini Portable Apps yang selalu dijinjing ke mana-mana :

  • RSS Feed Reader

    RSS feed menjadi pilihan utama untuk mengetuhui berbagai info terkini dari berbagai blog atau website, sementara ini masih membandingkan antara Abilon News Agregator dan Feedreader.

  • Web Browser

    Pilihan utama adalah Mozilla Firefox Portable. Seperti versi standar, FF Portable bisa ditambah dengan extension pendukung. FF extension favorit, kurang lebih seperti yang digunakan Redy. Sebagai web browser alternatif, saya juga menyimpan OperaUSB. Berharap Apple Safari for win segera dirilis versi stable-nya dan diikuti versi portable.

  • Mozilla Thunderbird

    Dengan Mozilla Thunderbird Portable bisa check mail di mana saja, email yang sebelumnya telah di-download tetap tersimpan di USB disk. Tetapi saya kurang puas dengan fasilitas RSS reader-nya, serasa agak berat loading-nya.

  • Portable WebDev Tools

    Peralatan portable yang digunakan untuk meng-edit web site yaitu teks editor PSPad, memiliki fasilitas cukup komplit diantaranya FTP client dan mendukung sintax highlighting skrip PHP, HTML, CSS dan bahasa pemrograman lainya. Sedangkan untuk Portable FTP Client, memakai Filezilla. Tak ketinggalan, sebagai penggemar dunia hitam Linux Console, saya menggunakan SSH Client PuTTY Portable sehingga saved session-nya tetap tersimpan di USB HD. Selain itu, untuk menjalankan portable web server menggunakan XAMPP.

  • Portable Photo/Image Tools

    Paket aplikasi portable dari FastStone menjadi pilihan adalah FS ImageViewer dan FS Capture untuk mengambil screen shoot tampilan monitor. Dan untuk image editing memakai GIMP Portable, aplikasi image editing yang telah populer di Linux.

  • Additional Portable Apps

    Sebagai pelengkap, saya juga menyimpan aplikasi portable OpenOffice.org sebagai pengganti M$ Office, instant messenger GAIM Portable, dan Audacity Portable sebagai audio editor.

No comments:

Post a Comment

Syukron :)